photo lineviral_1.png

DAFTAR BUKU BACAAN FIKSI DAN NON FIKSI BAHAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (BAGIAN 3)

 DOWNLOAD BUKU PENGAYAAN SEKOLAH DAN BUKU FIKSI SEBAGAI BAHAN BACAAN GERAKAN LITERASI SEKO DAFTAR BUKU BACAAN FIKSI DAN NON FIKSI BAHAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (BAGIAN 3)

Download Buku Pengayaan Sekolah dan Buku Fiksi atau Buku Bacaan Fiksi dan Non Fiksi Bahan Gerakan Literasi Sekolah  (Gratis). Buku pengayaan adalah buku penunjang buku utama (buku teks) yang digunakan oleh peserta didik dan dalam penulisan naskah buku pengayaan tidak pengacu kepada kurikulum dan di dalam materi buku pengayaan tidak dibenarkan adanya latihan.

Buku pengayaan di masyarakat sering dikenal dengan istilah buku bacaan atau buku kepustakaan. Buku ini dimaksudkan untuk memperkaya wawasan, pengalaman, dan pengetahuan pembacanya. Buku pengayaan diartikan sebagai buku yang memuat materi yang dapat memperkaya dan meningkatkan penguasaan ipteks dan keterampilan; membentuk kepribadian peserta didik, pendidik, pengelola pendidikan, dan masyarakat lainnya. Buku ini dapat menjadi bacaan bagi peserta didik, pendidik, pengelola pendidikan, dan masyarakat lainnya. Adapun karakteristik buku pengayaan adalah (1) Materi dapat bersifat kenyataan atau rekaan; (2) Pengembangan materi tidak terkait langsung dengan kurikulum atau kerangka dasarnya; (3) Materi disajikan secara popular atau teknik lain yang inovatif; (4) Penyajian materi dapat berbentuk deskripsi, eksposisi, argumentasi, narasi, puisi, dialog, dan/atau menggunakan penyajian gambar; (5) Penggunaan media bahasa atau gambar dilakukan secara inovatif dan kreatif.

Buku pengayaan pengetahuan adalah buku yang memuat materi yang dapat memperkaya penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, dan menambah kekayaan wawasan akademik pembacanya. Adapun ciri-ciri buku pengayaan pengetahuan adalah:
1) Materi/isi buku bersifat kenyataan;
2) Pengembangan isi tulisan tidak terikat pada kurikulum;
3) Pengembangan materi bertumpu pada perkembangan ilmu terkait; dan
4) Bentuk penyajian berupa deskriptif dan dapat disertai gambar;
5) Penyajian isi buku dilakukan secara popular.

buku fiksi adalah jenis buku yang isinya berupa cerita yang sifatnya imajinatif. Jadi, untuk menuliskan buku fiksi tidak diperlukan adanya pengamatan serta tidak tidak perlu pula dipertanggungjawabkan kebenarannya, karena ide cerita yang ditulis berasal dari khayalan atau imajinasi penulis belaka.

Biasanya, dalam buku fiksi, bahasa yang digunakan berupa bahasa kiasan atau konotatif. Kisah narasi yang disajikan pada pembaca juga akan membuat pembaca mampu terlarut ke dalam cerita. Buku fiksi juga sering muncul ide –ide segar dan diksi yang mendebarkan dalam cerita fiksi.

Baik buku pengayaan maupun buku fiksi wajib dimiliki oleh sekolah sebagai sarana Gerakan Literasi Sekolah. Sebagaimana diketahui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah untuk meningkatkan daya baca siswa dan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menggerakkan literasi bangsa dengan menerbitkan buku-buku pendukung bagi siswa yang berbasis pada kearifan lokal. Tahun 2017 ini Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) menggagas Gerakan Satu Guru Satu Buku untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja guru dalam pembelajaran baca dan tulis.

Berikut ini beberapa Buku Pengayaan Sekolah Dan Buku Fiksi Sebagai Bahan Bacaan Gerakan Literasi Sekolah (Gratis)

Daftar Buku Bacaan Fiksi dan Non Fiksi Bahan Gerakan Literasi Sekolah (Bagian 3)

No
Judul Buku

1.      
Naga Emas Danau Ranau
disini---
Baca Daftar Buku Bacaan Fiksi dan Non Fiksi Bahan Gerakan Literasi Sekolah (Bagian 2) ---disini---
Baca Daftar Buku Bacaan Fiksi dan Non Fiksi Bahan Gerakan Literasi Sekolah (Bagian 4) ---disini---

Demikian info tentang Download Buku Pengayaan Sekolah dan Buku Fiksi atau Buku Bacaan Siswa Sebagai Bahan Bacaan Siswa dalam rangka Gerakan Literasi Sekolah (Gratis). Semoga membantu, terima kasih.


= Baca Juga =




Sumber https://ainamulyana.blogspot.com/
Buat lebih berguna, kongsi: